Solusi praktis mencukupi kebutuhan serat agar daya tahan tubuh meningkat dengan Nutriburst Synergy

Solusi praktis mencukupi kebutuhan serat agar daya tahan tubuh meningkat dengan Nutriburst Synergy

Pendahuluan

Artikel dengan topik : Cukupi Serat , Daya Tahan Tubuh Meningkat diambil dan dikutip dari Zoom meeting online yang dibawakan oleh konsultan Synergy Dr. Prapti Utami Msi.
sub topik yang dibahas ialah sebagai berikut :

  • Teori mengapa terjadi degenerasi atau penuaan?
  • Apa itu Radikal Bebas dan dampaknya terhadap proses penuaan?
  • Bagaimana mengelola tubuh kita agar tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk?
  • Mengapa Orang Usia Lanjut cenderung mudah terkena infeksi?
  • Kebutuhan dan solusi nutrisi apa yang dibutuhkan pada usia tua?
  • Solusi memenuhi kebutuhan nutrisi untuk lanjut usia yang tidak memiliki gigi atau banyak gigi yang tanggal.
  • Solusi usia lanjut untuk mengalami normal aging atau penuaan yang normal.
  • Mengapa penting menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi?
  • Kesimpulan dan solusi mencegah terjadinya penyakit degeneratif

Teori mengapa terjadi Degenerasi atau Penuaan

Proses tubuh manusia dimulai dari embrio lalu bayi kemudian dewasa dan menjadi tua. Dan kita bayangkan ternyata proses menua itu sudah terjadi sejak terjadi pembuahan karena setiap hari bertambah dan berubah dan terus terjadi setiap saat dan setiap waktu asalkan kita masih hidup. Teori mengenai penuaan terus berkembang. Dulu ada teori yang mengatakan bahwa sel kita sudah diprogram sejak pembuahan sudah bisa ditentukan indikasi penyakit yang terjadi saat dewasa. Dulu ini penelitian yang sangat panjang tetapi teori ini ditinggalkan.  Kenapa ? karena jangka waktu yang lama sekali sehingga sulit untuk membuktikannya dan molekul DNA bisa rusak dan sel bisa berubah. Teori degenerasi ini terus berkembang dan penelitian terus dilakukan dari semua aspek terutama dari aspek nutrisi. Karena aspek nutrisi lebih mudah, Teori yang sekarang terus berkembang adalah Teori Radikal Bebas. Nah, selama kita tumbuh kembang, selama kita mengalami proses menua dari pembuahan sampai bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa sampai tua, terjadi metabolisme yang menunjukan bahwa kita itu hidup. Metabolisme itu menghasilkan ampas. Contohnya ketika kita makan, ada yang kita buang berupa urin dan feses dari sisa-sisa makanan. Itu adalah ampas metabolisme yang kelihatan. Tapi jika ampas metabolisme yang berupa radikal bebas yang merusak membran sel. Membran sel itu terbuat dari karbohidrat, protein dan lemak. Salah satu penyusun membran sel adalah protein dan lemak, jika radikal bebas ini sudah merusak membran sel, ibaratnya seperti bola yang kulitnya sudah rusak, maka radikal bebas itu terus merusak sampai masuk ke molekul DNA sampai kromosom.

Apa itu Radikal Bebas dan dampaknya terhadap proses penuaan?

Radikal bebas itu bisa berasal dari apa yang kita makan, apa yang kita hirup, apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, apa yang kita pikirkan. Sehingga unsur-unsur yang ada disekitar kita sangat menentukan kesehatan kita. Kita bisa lihat mengapa orang bisa menjadi tua. Di teori radikal bebas ini menjelaskan kenapa orang menjadi tua. Jika proses penuaan berjalan mulus. Yang disebut normal aging. Yang seperti apa berjalan mulus itu? Jika tidak berjalan mulus dan  menjadi sakit disebut inormal aging atau abnormal aging.

Menurut ilmu gizi, orang usia lanjut yang tidak normal disebut malnutrisi. Hampir semua kasus sakit karena malnutrisi. Malnutrisi ini secara fisik bisa dilihat menjadi kurus atau obesitas. Nutri itu kan tidak hanya apa dimakan tetapi juga nutri yang kita dengar, nutrisi yang kita lihat, nutri yang kita pikirkan. Itu semua bisa menghasilkan malnutrisi atau normal nutrisi. Ini adalah akan menjadi satu kesatuan ketika proses menua itu terjadi. Yang harus kita ketahui adalah bagaimana orang mengenali proses penuaan yang normal dengan mengenali perubahan-perubahan ditubuhnya sendiri. Karena kalau tidak bisa mengenali sendiri makan tidak akan tahu bahwa tubuhnya sudah menjadi abnormal. Ukuran yang bisa kita lihat adalah pola makan yang dilakukan. Proses penuaan yang normal dan nampak adalah permukaan kulit menjadi kendur, gigi sudah mulai tanggal, mudah lupa. Tapi jika masih usia 20 tahun tapi sudah lupa, itu sudah terjadi penuaan dini. Lalu reflek melambat. Jika kita sudah menyadari kita sudah berbeda dari usia muda, misalnya saat berolahraga saat muda, reflek masih baik tapi ketika sudah tua maka refleknya berkurang kecuali para olahragawan. Mereka menjaga aktivitasnya. Tapi ketika menjadi tua ototnya masih kuat karena diimbangi asupan nutrisi. Ciri lainnya basal metaboliseme menurun, maksudnya contoh saat usia muda,  diet saat mudah dan bisa lebih cepat menurunkan berat badan.

Tetapi seiiring usia, melakukan diet sangat sulit menurunkan berat badan ditambah lagi pola makan yang tidak benar. Saat keinginan mau makan, apa saja dimakan, maka terjadilah malnutrisi dan obesitas. Inilah salah satu tanda proses penuaaan. Perubahan-perubahan ini dapat dilakukan supaya tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Resiko malnutrisi dari obesitas dan adalah penyakit penyerta seperti stroke, kanker, diabetes, hiperkolesterol dan lainnya. Resiko malnutrisi dari tubuh terlalu kurus adalah penyakit infeksi sehingga jika terjadi penyakit influenza ringan saja bisa jadi berbahaya. Terlalu kegemukan dan terlalu kurus sama-sama menyimpan resiko kesehatan. Bagaimana kita menjaga kesehatan dari sekarang, intinya adalah sadar. Apa yang kita makan/minum dan kita lakukan mengandung resiko baik dan resiko buruk. Bahkan olahraga yang baik untuk tubuh pun tidak bisa direkomendasikan untuk semua orang, harus berkonsultasi dengan dokter.

Orang yang terlalu kurus juga menyimpan resiko salah satunya adalah penyakit infeksi. Misalnya terkena influenza yang hanya batuk pilek maka cadangan protein di otot dibongkar untuk menghasilkan asam amino karena terutama glutamin untuk mempertahankan tubuh pembentukan sel limfosit. Bagaimana jika tubuh terlalu kurus hampir sedikit otot. Maka bahan penyusun juga sedikit, jadi tubuhnya sulit atau tidak bisa melawan infeksi penyakit.

Bagaimana mengelola tubuh kita agar tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk?

Bagaimana dengan mengatur agar tubuh tidak terlalu kurus juga tidak terlalu gemuk. Yaitu mengatur dan menghitung output sama dengan input, contohnya atlet yang harus menghitung kegiatan olahraga yang dilakukannya dan asupan nutrisi yang harus dikonsumsi. Oleh karena itu output dan input yang mengetahui adalah dirinya sendiri.

Tanda-tanda peradangan tersamar bisa dilihat, bagaimana bisa mengatakan tubuh sudah seimbang jika saat bangun pagi terasa segar, kepala tidak pusing, tubuh mempunyai energi dan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari walaupun dalam kondisi pandemi covid 19 seperti ini tetapi spiritual dan mental bisa men-drive (mengelola diri untuk selalu hidup sehat). Jika kita bisa mengukur jumlah kalori sebagai asupan nutrisi kita tapi yang tidak terlihat adalah kondisi mental dan spiritual. Misalnya orang yang lanjut usia dengan selera makan yang baik, tapi tidak ada aktivitas makan akan mengalami kegemukan. Tidak sesuai output dan input. Juga antara kondisi mental dan spritual dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari tidak seimbang.

Jika kita punya self awareness (kesadaran) yang baik maka kita akan melakukannya setiap saat. Contohnya dulu makan sayur sampai 2 mangkok tapi sekarang berbeda, tiba-tiba ada rasa nyeri. Setelah di evaluasi ternyata kurang minum air putih dan terlalu banyak sayur. Lalu sayuran dikurangi dan diganti buah-buahan. Hal ini bisa terjadi karena sel tubuh bisa berubah seiring bertambahnya usia dan tubuh memerlukan penyesuaian sesuai usia. Orang usia lanjut yang tidak ada selera makan maka asupan nutrisi juga berkurang, jika terjadi dalam waktu yang cukup lama bisa terjadi malnutrisi tipe kurus. 

Orang Usia Lanjut cenderung mudah terkena infeksi.

Semua orang dewasa yang menjadi tua akan mengalami pengurangan massa otot. Otot itu merupakan cadangan asam amino untuk melawan penyakit saat infeksi masuk ke tubuh. Maka dari itu orang usia lanjut sangat rentan tehadap infeksi virus. Dalam suatu komunitas jika ada orang usia lanjut dan disitu ada penularan penyakit maka yang terinfeksi lebih cepat adalah yang sudah usia lanjut. Kecuali yang usia lanjut tersebut menjaga kondisi tubuhnya dengan baik dan sel sistem pertahanan tubuhnya bekerja. Kalau asupan makannya berkurang maka pengurangan massa ototnya juga cepat sekali berkurang terutama protein.

Kebutuhan dan solusi nutrisi apa yang dibutuhkan pada usia tua?

Semakin usia tua perubahan anatomi dan fisiologi semakin banyak, mulai dari penglihatan, pengecapan, penciuman yang menyebabkan selera makan berkurang. Ini juga yang menyebabkan orang usia lanjut itu malas makan. Perubahan indra pengecapan juga menyebabkan orang usia lanjut malas makan. Nah, Zinc yang ada di dalam Nutriburst sangat berperan dalam hal ini. Oleh karena itu Nutriburst penting untuk nutrisi memelihara kesehatan terutama orang usia lanjut.

Banyak testimoni yang menyatakan bahwa orang usia lanjut setelah mengkonsumsi Nutribust, nafsu makannya kembali menjadi baik. Secara umum, orang dengan usia lebih dari 70 tahun, kemampuan organ pengecapannya hanya tinggal sepertiganya. Jika saat muda kurang asupan kalsium, flour dan fosfor maka pada usia lebih dari 70 tahun orang pengecapannya mengalami penurunan sensitivitas. Ini menjadi semua perhatian bagi kita semua bahwa kita bisa mencegah proses degenerasi dengan nutrisi yang baik dengan mengkonsumsi suplemen dari Synergy.

Orang yang usia lanjut dengan nafsu makan berkurang bisa terjadi karena depresi. Kesepian, sedih, dan merasa tidak berguna. Bagi yang masih bisa mendampingi orangtua maka bersyukurlah, kita bisa memberikan nutrisi yang terbaik, bisa melihat proses penuaan yang normal.

Ada juga yang mengalami depresi malah nafsu makannya meningkat. Nah….., anda tipe yang mana ?

Solusi memenuhi kebutuhan nutrisi untuk lanjut usia yang tidak memiliki gigi atau banyak gigi yang tanggal.

Jika sudah tidak ada gigi atau banyak yang tanggal. Maka bisa diberikan makanan cair yang mudah dicerna dan komposisinya lebih banyak protein nabati daripada protein hewani karena lebih banyak serat atau fiber. Akan tetapi protein hewani juga diperlukan karena nilai biologi proteinnya lebih tinggi. Nah, fungsi peristaltik usus pada orang usia lanjut sudah sangat berkurang karena sudah terjadi penurunan atau degenerasi. Maka sisa makanan di usus berjalan sangat lambat. Normalnya 48 jam sampai ke rektum untuk dikeluarkan. Tetapi pada orang usia lanjut bisa sampai 3 hari. Hal ini ini membuat stres. Setelah di evaluasi bisa juga terjadi karena kurang minum. Selain itu peristaltik usus bisa dipengaruhi karena kurang olahraga. Olahraga yang cocok untuk usia yang usia lanjut.
Juga penting paparan sinar matahari untuk mendapat vitamin D dan mencegah osteoporosis. Sering kali kita juga lihat di panti asuhan atau di rumah sakit, memanfaatkan sinar matahari pagi supaya kulit terkena sinar matahari. Karena pada saat kulit terkena sinar matahari pagi terjadi banyak sekali proses metabolisme alami yang terjadi di dalam tubuh.

Solusi usia lanjut untuk mengalami normal aging atau penuaan yang normal.

Untuk dapat mengalami normal aging atau penuaan normal, kita harus memberikan nutrisi yang tinggi serat dan cukup air untuk saluran pencernaan yang memegang inti dari proses kehidupan berjalan dari bayi sampai tua. Kenapa air ? karena air sangat diperlukan oleh organ-organ tubuh vital. Jantung, paru-paru, ginjal dan otak membutuhkan banyak sekali air. Kenapa orang dehidrasi bisa meninggal ? karena jantung bisa kehabisan air. Oleh karena itu kecukupan air diperlukan. Tubuh memerlukan air sesuai berat badan. Yaitu 0,04 ml/kg berat badan. Laki-laki memerlukan air lebih banyak karena memiliki otot lebih banyak daripada perempuan.

Pada orang usia lanjut, reflek haus juga berkurang karena itu memerlukan kesabaran yang ekstra untuk orang terdekat mengingatkan untuk minum air. Kalau tubuh kurang air, maka tubuh mengambil air dari saluran usus karena itu feses menjadi berat bergerak sehingga terjadilah sembelit. Jika menyadari hal ini betapa pentingnya air untuk tubuh manusia, tidak hanya dengan rumus 0,04 ml/ kg berat badan saja. Tidak ada air maka enzim, horman, kerja jantung maka tidak akan bekerja maksimal.

Seiring usia bertambah juga terjadi resistensi insulin dengan reseptor berkurang. Reseptor ini yang menangkap gula untuk disimpan di otot. Maka gula ini beredar di peredaran darah, maka terjadi hiperglikemia. Ini lah kenapa orang setengah baya mendapat diabetes karena proses penuaannya sudah abnormal.

Mengapa penting menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi?

Di jaman sekarang, trend makanan dan minuman yang rendah serat dan tinggi gula menjadi tantangan bagi kaum muda untuk menjaga pola makan yang sehat. Oleh karena itu tidak perlu kita mengumbar keinginan makan yang tinggi gula, tinggi garam dan tinggi lemak, sebelum karena penyakit ditubuh memaksa kita untuk tidak boleh mengkonsumsi itu semua. Konsumsi lah nutrisi dan mineral yang sangat baik supaya rasa dan pengecapan kita terjaga sampai tua. Mari kita kurangi garam supaya kita tidak terlalu menimbun cairan di tubuh. Garam, gula dan lemak diperlukan tubuh tetapi dalam jumlah sedikit.

Kesimpulan dan solusi mencegah terjadinya penyakit degeneratif:

Degenerasi adalah perubahan bentuk dari tinggi ke rendah dengan persepsi dari tinggi ke rendah karena terjadinya penurunan terutama perubahan jaringan yang mengalami perubahan dan menjadi kurang aktif fungsinya. Kalau kita sering dengar ada penyakit degeneratif seperti stroke dan hipertensi. Apa yang harus kita lakukan supaya kita tidak mengalami penyakit degeneratif dan mengalami proses penuaan yang normal.
Tentunya self-awareness/kesadaran untuk mengkonsumsi nutrisi yang baik dilakukan sedari muda antara lain dengan konsumsi Nutriburst Synergy.

Minuman Serat Nutriburst Synergy kaya manfaat dan nutrisi

Bapak/Ibu dan sobat semua, untuk informasi lebih lanjut mengenai manfaat produk NutriBurst klik -> link ini.